Syaiful M Maghsri :: Motivator Spiritual | Konsultan Cara Kaya | Cara Sukses| Mengatasi Masalah

Home SyaifulMaghsri.com 3 Solusi Menghadapi Masalah

Dalam hidup kita pasti mempunyai masalah. Masalah besar dan masalah kecil pun harus dihadapi dengan sabar, tenang dan berdoa.

Mengapa ketiga sikap tersebut harus kita pakai saat ada masalah dan saat tidak ada masalah? Karena sabar, tenang, berdoa akan meringankan masalah. Jadi kalau kita punya masalah harus sabar, tenang, dan terus berdoa.]

Apa yang tertulis di atas dikutip dari catatan Kompasina yang diberi judul ‘Cara Menghadapi Masalah’

Sejenak saya berpikir, inspirasi dari mana si dede, sehingga dalam tulisannya yang sederhana itu dia menulis hal yang tidak sederhana? Tentang cara menghadapi masalah kehidupan yang pasti akan pada setiap orang. Tapi untuk anak seusia si dede. Apa masalahnya, sehingga harus sabar, tenang dan berdoa menghadapi masalahnya?

Kemudian saya merenungkannya, apa yang ditulis si dede ada benarnya. Bahwa dalam menghadapi masalah itu perlu sikap sabar, tenang dan terus berdoa.

SABAR

Sabar sudah pasti. Itu yang dibutuhkan ketika masalah datang. Cuma masalahnya ketika masalah datang si sabar malah menghilang. Kabur entah ke mana. Yang ada tinggal uring-uringan. Masalah memang suka membuat kita panik, sehingga tak bisa sabar menghadapinya. Tetapi kita harus menyadari, masalah semestinya dihadapi dengan sabar kalau tidak mau tambah bermasalah.

Mengapa harus sabar? Karena kalau tidak,  kita akan menjadi lemah dan putus asa dengan yang namanya masalah. Masalah menjadi hal yang menakutkan dan akan selalu dihindari. Kita bisa menjadi trauma dengan yang namanya masalah yang akan selalu ada dalam hidup. Tidak ada hidup yang tidak ada masalah. Inilah yang membuat kita stress bila tak sabar dan bersahabat dengan masalah.

Ketika kita berusaha sabar dan mau menerima masalah sebagai bagian dari hidup yang harus dihadapi. Masalah justru dapat menjadi guru untuk memperkaya batin dan kerohanian kita semakin dewasa. Dengan meminjam segala masalah yang datang silih berganti, kita dapat melatih batin kita untuk bersabar.

Baca Juga:  BIOENERGI : ENERGI UNTUK SELURUH MANUSIA

Bersabar awalnya pasti akan membuat kita menderita. Tetapi dalam sabar yang penuh syukur atas masalah yang ada, lama-kelamaan kita akan dapat bersahabat dengan masalah. Sikap sabar adalah sebagai cara kita untukmengalahkan diri sendiri.*

TENANG

Karena ketidak-tenangan menghadapi masalah seringkali justru menciptakan masalah baru yang lebih bermasalah. Sebab itu orang bijak mengatakan, sikap tenang dapat menyelesaikan banyak masalah.

Mengapa? Ketenangan membuat kita dapat melihat masalah secara jelas dan akal sehat dapat bekerja dengan lebih baik. Ketika kita dapat bersikap tenang, masalah apapun dapat kita hadapi. Walau tidak dapat menyelesaikan secara tuntas, minimal masalah yang ada tak sampai membuat kita hidup dalam tekanan ampai menjadi stress.

Tentu sikap tenang itu tidak akan datang dengan sendirinya. Apalagi dalam hidup kita yang selalu maunya serba cepat atau instan, maka sikap tenang itu perlu dilatih dengan meminjam kejadian sehari-hari yang silih berganti terjadi dalam hidup kita.

Peristiwa keseharian sungguh dapat menjadi guru pembimbing yang terbaik. Guru kehidupan yang selalu mengajarkan pada  kita untuk mengambil hikmah dari setiap kejadian. Jadi jangan takut terhadap masalah, dengan adanya masalah dapat membimbing kita menadi pribadi yang tenang.

BERDOA

Berdoa merupakan doa yang paling untuk menjadi sabar dan tenang. Inilah kekuatan doa. Doa bukan sekadar meminta-minta atau memohon kepada Tuhan untuk memenuhi keinginan kita. Tetapi dalam masalah yang membelit hidup, kita dapat meminjam doa untuk mendatangkan kesabaran dan ketenangan.

Ketika dalam masalah kita berdoa, maka secara otomatis akan menghadirkan energi positif. Dengan demikian, dengan kekuatan positif ini dapat mengusir hawa negatif dari masalah yang kita hadapi.

Andaikan kita sedang menghadapi masalah dengan cara marah-marah saja, itu sama artinya hawa negatif bertemu negatif. Suasana akan menjadi kacau. Bukankah justru akan bertambah masalah? Ketika sedang menghadapi masalah, pilihan yang terbaik adalah sediakan waktu hening untuk berdoa, agar hati menjadi tenang dan kesabaran bangkit.

Bagikan:

Artikel Terbaru

Cara Melunasi Hutang yang Menumpuk

Cara Melunasi hutang yang menumpuk – Mengambil keputusan berhutang biasanya dilakukan karena untuk memenuhi kebutuhan hidup. Baik untuk keperluan konsumsi, pendidikan, kondisi...