Syaiful M Maghsri :: Motivator Spiritual | Konsultan Cara Kaya | Cara Sukses| Mengatasi Masalah

Home artikel solusi 8 Kunci Sukses Dalam Hidup

Dalam hidup ini kita semua sudah mengenal dengan namanya sukses, tetapi sering sekali kita tidak tahu apa makna dari sukses itu sendiri. Kita semua tahu, tapi kita tidak bisa mendefinisikannya. Diakui atau tidak kebanyakan dari kita dan para orang tua di negeri ini secara awam memaknai sukses sebagai seorang yang kaya, hidup mapan memiliki banyak harta, dan terpandang dimata masyarakat, oleh karena itu para orang tua dalam mendidik anaknya yang terpikir adalah bagaimana supaya nanti anaknya mendapatkan pekerjaan dengan gaji besar, oleh karenanya orang tua dari sejak awal mengarahkan anaknya untuk memilih jurusan pendidikan yang bisa menghasilkan penghasilan besar, dan bukan karena keahlian profesinya, mungkin itu sebabnya jika kita menanyakan kepada anak kecil tentang cita-cita mereka cenderung yang muncul adalah The Big Five, atau lima besar profesi yaitu Dokter, Insinyur, Pilot, Arsitek, Akuntan dan Bangkir.

Dalam Kamus Besar Bahasa  Indonesia sukses memiliki arti yang sederhana namun sangat mendalam. Dalam kamus “sukses” itu di artikan sebagai “berhasil” atau “beruntung”. Jadi jika kita mendefinisikannya secara mendalam kesuksesan itu berarti suatu keberhasilan atau keberuntungan.
Selain dari kamus bahasa, kita perlu juga memahami definisi sukses menurut beberapa ahli. Kesuksesan menurut Dorothy Leeds adalah menukarkan pengetahuan dengan tindakan yang positif, kepemimpinan yang disegani, baik dalam bisnis maupun dalam kehidupan sosial. Sukses sama halnya dengan kebebasan. Kebebasan dari kegelisahan, ketakutan, frustasi dan kegagalan. Sukses berarti selalu merasa terhormat selalu merasa bahagia dan puas dengan kehidupannya, dan berhasil berbuat yang lebih baik untuk orang-orang yang menjadi tanggungannya.
Pendapat Dr. D.J Scwartz mengenai kesuksesan adalah banyak hal yang mengagumkan dan postif, sukses berarti kesejahteraan pribadi, punya rumah, bisa berlibur, bisa membeli barang baru, merasa aman secara financial (keuangan), bisa memberi kesempatan untuk maju kepada anak-anaknya.
Dr. Haward Gardner menerjemahkan arti sukses sebagai keberhasilan seseorang dalam menemukan potensi keunggulan dirinya untuk bisa menjadi yang terbaik di bidangnya sehingga berguna bagi diri sendiri dan orang lain, hasil pengamatan Gardner yang menemukan banyak orang yang dikatakan sukses secara financial, namun hidupnya tidak bahagia, ternyata hal ini disebabkan karena orang tersebut memilih pekerjaan / profesi yang tidak sesuai dengan keinginan hati dan potensi terpendam yang dimilikinya.
Setiap manusia pasti ingin sukses. Tetapi untuk mencapai kesuksesan itu tidaklah mudah. Banyak cobaan dan rintangan yang pasti akan menghampiri dan harus kita lalui sebelum kesuksesan itu kita dapatkan. Kesuksesan tidak bisa kita dapatkan secara instan. Butuh pejuangan, pengorbanan, dan semangat yang kuat dari dalam hati. Selalu ada kesempatan untuk meraih kesuksesan bagi siapa saja yang yakin dan mau berusaha.
Untuk meraih kesuksesan, berikut ini adalah beberapa tips kunci sukses :
1. Keyakinan Diri
Keyakinan diri adalah kekuatan pendobrak yang luar biasa. Dengan keyakinan diri yang kuat, kita bisa menciptakan prestasi. Apa yang tidak mungkin menjadi mungkin.
2. Berani
Memang di kehidupan ini tidak ada yang pasti. Tetapi, kita harus berani memastikan dan memperjuangkan segala hal yang pantas kita raih.
Berani menentukan target.
Berani mulai melangkah.
Berani memperjuangkan sampai sukses.
3. Disiplin
Jika Anda ingin sukses, tegakkanlah disiplin diri dengan tegas. Kalau Anda tunduk oleh perasaan malas, manja dan bosan, maka pasti nasib Anda pun tidak akan berubah.
4. Komitmen
Bagi orang yang memiliki komitmen dan integritas tinggi, mereka tidak pernah merasa takut, ragu atau bimbang dalam melaksanakan tugas yang dibebankan kepada mereka.
5. Ulet
Ulet bukan sekedar sabar, pasif, apatis, pasrah dan bertahan. Ulet adalah tekad yang mengandung sikap antusias, gigih, tegar, proaktif, dan pantang Menyerah.
6. Sabar
Jika ingin sukses, sabar harus kita miliki. Sabar menghadapi orang yang memusuhi dan meremehkan kita, sabar menghadapi setiap halangan dan tetap berjuang hingga sukses. Kesulitan, halangan, tekanan, kegagalan adalah suplemen food (vitamin) bagi orang-orang sukses.
7. Tegar dan Syukur
Seganas apapun badai di kehidupan ini, dia tidak akan pernah menghancurkan insan yang memiliki ketegaran, keyakinan, dan niat baik. Kehidupan memang penuh variasi, kadang diuntungkan, kadang dirugikan, kadang sukses, kadang gagal, kadang dipuji, kadang dihina. Semua membutuhkan: ulet, sabar, dan tegar. JIka setiap bangun pagi kita bisa mensyukuri dengan tulus apa yang telah kita miliki hari ini, niscaya sepanjang hari kita bisa menikmati hidup ini dengan bahagia.
8. Carilah Guru, Penasihat Spiritual, dan Konsultan
Ini sangat penting, bergaullah dengan orang-orang yang tepat. Jika ingin jadi pengusaha sukses, banyaklah berteman dengan pengusaha yangterlebih dahulu sukses. Angkatlah mereka jadi ’mentor’. Anda tidak harus bilang ke orang tersebut untuk minta diajari, tapi dekatilah, belajarlah padanya. Cari juga Penasehat Spiritual dan Konsultan Bisnis.
Semua yang kita inginkan, semua yang kita harapkan, semua yang kita mimpikan selama ini akan terlaksana dan tercapai jika kita semua tahu bagaimana cara untuk mendapatkannya. Selalu ada kesempatan untuk meraih kesuksesan bagi siapa saja yang yakin dan mau berusaha

Bagikan:

Baca Juga:  Cara Mengatasi Kegagalan Bisnis Menuju Kesuksesan

Artikel Terbaru

Cara Melunasi Hutang yang Menumpuk

Cara Melunasi hutang yang menumpuk – Mengambil keputusan berhutang biasanya dilakukan karena untuk memenuhi kebutuhan hidup. Baik untuk keperluan konsumsi, pendidikan, kondisi...