Syaiful M Maghsri :: Motivator Spiritual | Konsultan Cara Kaya | Cara Sukses| Mengatasi Masalah

Home artikel solusi Cara Melunasi Hutang Yang Menumpuk dengan Mudah

Cara Melunasi Hutang yang Menumpuk

Cara Melunasi hutang yang menumpuk – Mengambil keputusan berhutang biasanya dilakukan karena untuk memenuhi kebutuhan hidup. Baik untuk keperluan konsumsi, pendidikan, kondisi darurat, membeli kendaraan, membangun/renovasi rumah dan sebagainya. Dalam tahap awal dengan berhutang Anda bisa mengatasi masalah keuangan Anda. Namun semenjak anda memiliki hutang Anda juga sedang berhadapan dengan permasalahan baru. Masalah cicilan, bunga atau beban pinjaman, jaminan yang dipertaruhkan dan berbagai masalah lainnya. Hutang yang tidak diselesaikan sesuai ketentuan dan punya banyak pos hutang membuat hutang semakin menumpuk. Cara melunasi hutang yang menumpuk membutuhkan cara dan strategi yang tepat agar hutang berkurang, tidak menambah hutang lagi, tidak juga menimbulkan masalah lainnya.

Hutang yang menumpuk dan tidak segera diatasi sangat rentan menimbulkan masalah dan merusak ketenangan hidup. Bahkan dalam tahap tertentu bisa menimbulkan rasa putus asa, gangguan kejiwaan dan juga stres. Menemukan cara melunasi hutang yang menumpuk menjadi harga mati agar kehidupan keuangan dan kehidupan Anda secara keseluruhan bisa normal kembali. Tanpa manajemen keuangan yang baik dan kecerdasan dalam mengelola pendapatan, seseorang akan sangat mudah terjebak dalam hutang. Apabila tidak segera diatasi hutang akan menumpuk dan masalah hidup pun semakin rumit.

Baca juga: Cara Melunasi Hutang Dengan cepat Melalui Pendekatan Spiritual

Berikut ini beberapa cara mengatasi hutang yang menumpuk dengan mudah yang akan membuat hutang cepat teratasi. Sehingga dengan semakin berkurangnya hutang atau bahkan lunasnya hutang maka kebahagiaan hidup lahir dan batin bisa Anda miliki kembali. Anda bisa fokus juga dalam menjalankan aktivitas pekerjaan maupun bisnis bahkan bisa merubah hutang menjadi sumber rezeki.

1. Sadari dan cermati dengan baik mengapa hutang bisa menumpuk

Kebanyakan mereka yang memiliki hutang menumpuk dan berasal dari berbagai sumber hutang adalah mereka tidak menyadari akibat dari hutang itu sendiri. Setiap hutang ada konsekuensinya, bahkan terkadang hutang memerlukan jaminan. Untuk itu perlu analisa mendalam dan koreksi diri, mengenai sebab musabab hutang bisa menumpuk. Diantara sebab itu antara lain:

  • Tidak belajar hidup hemat

Mereka yang tidak bisa hidup hemat, sederhana dan bersahaja biasanya memiliki gaya hidup konsumtif. Gaya hidup seperti itu menyebabkan kita menjadi boros. Ketidakmampuan kita memilah mana kebutuhan yang penting dan darurat dan mana kebutuhan yang bisa di tunda menjadi pemicunya. Akibatnya seseorang akan begitu mudahnya mengeluarkan uang untuk hal yang sebenarnya tidak seberapa penting. Sementara kebutuhan yang lebih penting terabaikan yang memicu keinginan berhutang.

  • Lalai dan menunda pembayaran meski sudah jatuh tempo

Mereka yang yang punya hutang seyogyanya hafal tanggal pembayaran cicilan atau bahkan tanggal berakhirnya hutang. Namun dikarenakan sikap lalai dan menunda, maka pembayaran hutang tertunda. Akibatnya hutang menumpuk, belum lagi resiko denda dan tambahan bunga. Bukannya hutang cepat selesai malah terbengkalai dan menumpuk semakin besar jumlahnya.

  • Menyelesaikan hutang dengan hutang lainnya

Menutup hutang dengan hutang lainnya bukan menyelesaikan hutang tapi justru menambah hutang. Bukan tidak mungkin pinjaman yang dipakai untuk menutup hutang jumlahnya justru lebih besar meski mungkin jangka waktunya lebih lama dalam pembayaranya. Artinya bukannya membuat hutang selesai tapi menambah hutang baru dan lebih besar sehingga hutang semakin menumpuk.

  • Mengajukan hutang ke beberapa tempat sekaligus

Cara ini sering dilakukan oleh mereka yang dilatarbelakangi kebutuhan mendesak dan kawatir permohonan hutang tidak bisa cair. Namun apabila ternyata pinjaman turun dan dikabulkan lebih dari satu tempat semuanya diambil. Akibatnya Anda memiliki pos hutang di berbagai tempat dan membuat hutang bertumpuk dengan tanggal jatuh tempo berdekatan. Akibatnya anda memiliki kelonggaran keuangan namun memiliki hutang dan beban hutang yang bertumpuk.

Baca juga: Cara Melunasi Hutang Dengan Cepat Untuk Hidup Lebih Berkualitas

2. Lakukan cara yang tepat agar hutang menumpuk bisa berkurang bahkan lunas

Agar Anda bisa menemukan cara melunasi hutang yang menumpuk dengan bijak. Sehingga tidak menimbulkan masalah baru yang lebih komplek dan memusingkan, kendalikanlah hati dan pikiran. Anda bisa memenangkan diri hingga bisa berpikir jernih. Hutang berkaitan erat dengan keuangan, aset, harta, pekerjaan, keahlian, peluang juga resiko. Karena itu sikap sabar disertai niat kuat untuk melunasi hutang dan menyelesaikan masalah menjadi kuncinya. Anda bisa memilih beberapa cara berikut agar hutang menumpuk cepat teratasi.

1. Menggadaikan barang berharga yang Anda punya.

Solusi pertama yang bisa Anda lakukan sebagai cara melunasi hutang yang menumpuk adalah dengan menggadaikan barang berharga. Bisa sertivikat tanah, rumah, BPKB kendaraan, atau emas. Dengan sistem gadai Anda tetap masih bisa menggunakan dan mengambil manfaat dari barang yang di gadai kecuali emas. Beban biaya atau bunga gadai juga lebih ringan. Anda juga bisa mengambil nilai gadai seperlunya saja tidak perlu sampai sebesar harga taksiran gadai. Sehingga pengembalian bisa lebih terjamin dan resiko kehilangan semakin kecil.

2. Menjual aset

Jika tumpukan hutang Anda besar, menjual aset bisa menjadi solusi dan cara melunasi hutang yang menumpuk dengan mudah. Pilihlah aset yang nilainya besar  atau yang nilainya lebih dari total hutang Anda. Dan aset itu yang tidak berkaitan langsung dengan aktivitas atau pekerjaan dan bisnis Anda. Bila perlu aset tersebut merupakan bagian dari investasi Anda. Jadi yang bukan merupakan sarana pokok dan terpenting dalam hidup Anda.

3. Mencari sumber penghasilan lain atau pendapatan tambahan

Dalam hal ini talenta, skill, hobi dan bakat bisa anda optimalkan sehingga bisa menghasilkan suatu yang bernilai. Anda bisa menjalankannya tanpa harus meninggalkan bisnis utama Anda atau pekerjaan Anda. Sehingga Anda punya dana lebih yang bisa dimanfaatkan untuk melunasi hutang.

4. Mengajukan penundaan pembayaran kepada pemberi hutang

Tidak perlu malu untuk mengajukan permohonan penundaan pembayaran hutang. Setiap masalah pasti ada jalan keluarnya. Jika cara ini tidak bisa dilakukan Anda bisa mengajukan restrukturisasi hutang dari sisa hutang yang Ada. Jadi Anda punya spere waktu yang cukup untuk mencari dana guna melunasi hutang. Minimal beban berkurang dan anda bisa punya kesempatan lebih banyak untuk mencari penghasilan cukup guna membayar hutang.

5. Hidup bersahaja dan apa adanya.

Hidup bersahaja atau sederhana tidak selalu harus hidup susah dan menderita. Bersahaja akan menjadikan anda lebih tenang. Apalagi jika dibarengi rasa syukur kepada allah atas apa saja yang kita miliki, maka pikiranpun menjadi jernih. Dengan hati dan pikiran jernih kita bisa lebih fokus dalam menjalankan tujuan hidup kita. Ide kreatif pun bisa bermunculan sehingga akan meningkatkan motivasi dan usaha kita. Baik untuk mencukupi kebutuhan hidup maupun untuk membayar hutang.

Baca juga: Cara Melunasi Hutang dengan Mudah Melalui Bioenergi

3. Cara melunasi hutang yang menumpuk dengan Tidak berhutang lagi

Menghindari hutang baru bisa menjadi langkah tepat dalam melunasi hutang yang menumpuk. Ketika Anda berhutang pada suatu lembaga, dan lancar pembayarannya akan muncul banyak penawaran menggiurkan. Bisa jadi itu juga menarik anda untuk melakukan hutang lagi. Bahkan ada kemungkinan hutang anda tidak hanya dalam bentuk uang, bisa kendaraan, barang rumah tangga, rumah, atau hutang melalui kartu kredit. Jika hutang anda sudah lebih dari dua post hutang sebaiknya berhentilah berhutang sampai hutang terlunasi. Hutang dengan kartu kredit juga sebaiknya anda hindari sehingga anda tidak terus terjebak dalam hutang yang terus menumpuk.

Jika cara – cara diatas sudah Anda lakukan namun hutang Anda tetap saja menumpuk dan masih terus bertambah. Sehingga menimbulkan banyak masalah lain dalam hidup anda bahkan mengganggu kesehatan dan aktivitas Anda segera dapatkan solusinya. Dengan mengikuti program pelatihan bioenergi zona kaya, atau gemblengan ilmu metafisik dari bioenergi center Anda akan mendapatkan solusi lebih cepat. Anda tidak hanya akan menemukan cara melunasi hutang yang menumpuk dengan mudah dan cepat namun juga berbagai manfaat lainnya.

Dalam program pelatihan Bioenergi anda akan mendapatkan ilmu strategi dan solusi mengatasi berbagai permasalahan hidup. Termasuk bagaimana mengelola hutang piutang, merubah hutang menjadi sumber rezeki, cara meningkatkan omset penjualan, cara meningkatkan karir dan jabatan dan sebagainya. Anda juga akan mendapat solusi praktis untuk mengatasi masalah hidup dengan cepat. Termasuk cara mewujudkan harapan keinginan dengan mudah. Anda pun bisa berkonsultasi terlebih dahulu kepada mentor, konsultan bisnis, kesuksesan dan konsultan solusi sekaligus penemu dan formulator Ilmu Bioenergi. Yaitu Bapak Syaiful M. Maghsri. Dengan konsultasi anda akan mendapatkan pencerahan dan pengetahuan mengenai berbagai manfaat Ilmu Bioenergi. Termasuk manfaat bioenergi untuk solusi berbagai masalah hidup.

Baca juga: Solusi masalah hutang dan masalah hidup dengan metode praktis dan efektif

Bagikan:

Artikel Terbaru

Pemecahan Masalah

Semua masalah kita itu sama. Masalah akan selamanya menghampiri kita dan kita tidak dapat menghindarinya. Jika hari ini...