Syaiful M Maghsri :: Motivator Spiritual | Konsultan Cara Kaya | Cara Sukses| Mengatasi Masalah

Home artikel bioenergi Diet Diabetes

Pada dasarnya penderita diabetes tanpa komplikasi dengan penyakit lain, dapat mengkonsumsi semua jenis makanan, asalkan total kalori/asupan makanan dalam sehari tidak melebihi jumlah yang disyaratkan. Perbedaan yang utama adalah pada porsi makanan, bila serving makanan seperti burger/steak normal berkisar antara 8-12 oz per serving, penderita Diabetes hanya dapat mengkonsumsi 3 oz. Gula dan buah maupun jus ataupun makanan penutup/snack masih dapat dikonsumsi dalam jumlah yang terbatas. Lemak dan makanan yang mengandung kolesterol tinggi juga dihindari, dan konsumsi karbohidrat maupun gula proses juga dihindari. Dianjurkan banyak memakan whole food, (whole grain, whole wheat, beras merah, beras tumbuk, sorghum, bulgur, oats dan sejenisnya) dan sayuran segar/organik. Sangat disarankan untuk mengkonsumsi variasi makanan dengan perbandingan antara karbohidrat dan gula yang terbatas, daging atau protein sangat rendah lemak/tanpa lemak, daging rendah lemak, buah-buahan segar, susu skim fat.

Pelajari juga mengenai Glycemix Indeks (GI). List makanan dengan kandungan GI yang terbaru sudah terbit. Juga perlu menguasai mengenai cara penghitungan Karbohidrat. Pemilihan makanan dengan kadar GI dan Karbohidrat yang rendah akan sangat membantu metabolisma tubuh didalam menjaga kestabilan gula darah di dalam tubuh.

Asupan sodium juga harus dijaga ketat, hindari penggunaan bahan makanan kalengan atau makanan proses (kornet, mi instant, ikan asin, daging asap, telor asin, sarden, abon dsb) yang kadar sodiumnya tinggi (>400 mg). Untuk kecap, cari kecap dengan kadar sodium rendah (< 140 mg). Bila tidak bisa lepas dari kecap, buatlah kecap tanpa sodium/garam, atau encerkan kecap hingga kadar garamnya mencapai jumlah yang boleh dikonsumsi. Satu sendok teh garam untuk 1 serving/per orang mengandung sodium 2325 miligram. Seperempat sendok teh garam untuk 6 serving mengandung sodium 105 mg.

Baca Juga:  Bioenergi : Teknologi Canggih Alam Semesta

Diet diabetes seringkali harus dikombinasikan dengan berbagai jenis diet lain sesuai dengan kebutuhan penderita. Kombinasi Diet Diabetes dengan Diet Rendah Protein, atau Diet Rendah Lemak, atau Diet Rendah Karbohidrat dan Diet Rendah Sodium membuat pentingnya perhitungan kalori dan perhitungan total asuman makanan per hari. Kadangkala pada penderita Diabetes tertentu, penurunan berat badan menjadi suatu keharusan di samping mengkonsumsi makanan rendah lemak dan rendah kolesterol, bagi mereka dengan gangguan fungsi ginjal, Diet Rendah Sodium dan rendah mineral juga diperlukan. Agar berhati-hati dalam mengkonsumsi air mineral, karena mempengaruhi jumlah total mineral yang dikonsumsi dalam sehari.

 

Takaran Tinggi Rendah Kandungan Nutrisi Makanan :

 

  1. Kalori Tinggi : >400 kalori (20 % dari perhitungan total harian 2000 kalori)

Kalori Rendah : < 40 kalori (-2% dari perhitungan total harian 2000 kalori)

  1. Lemak Tinggi : 13 gr atau >

Lemak Rendah : 3 gr atau <

  1. Lemah Jenuh Tinggi : 4 gr atau >

Lemak Jenuh Rendah : 1 gr atau <

  1. Protein Tinggi : >10 gr ( 20 % anjuran asupan wanita dewasa per-hari

Protein Rendah : < 2,5 gr ( 5 % anjuran asupan wanita dewasa per-hari)

  1. Karbohidrat Tinggi : >25 gr ( 20% anjuran asupan karbohidrat per hari)   Karbohidrat Rendah : <3 gr ( -2% anjuran asupan karbohidrat per-hari)6. Serat Tinggi : 5 gr atau >

Serat Rendah : 2 gr atau <

  1. Kolesterol Tinggi : >60 mg (20 % maksimum asupan kolesterol per-hari)
    Kolesterol Rendah : < 20 mg (20% maksimum asupan kolesterol per-hari)
  2. Kalsium Tinggi : >160 mg (20% dari anjuran asupan per-hari)

Kalsium Rendah : <40 mg (5 % atau kurang dari anjuran asupan per-hari)

  1. Zat Besi Tinggi : >3mg (20 % dari anjuran asupan per-hari)

Zat Besi Rendah :< 0,75 mg ( 5 % dari anjuran asupan per-hari)

  1. Magnesium Tinggi : >36 mg ( 20 % dari anjuran asupan per-hari)
Baca Juga:  RAHASIA SUKSES DI DUNIA & AKHIRAT

Magnesium Rendah : <14 mg ( 5% dari anjuran asupan per-hari)

  1. Fosfor Tinggi : >160 mg (20 % dari kebutuhan per-hari)
    Fosfor Rendah : <80 mg (-5% dari kebutuhan per-hari)
  2. Potasium Tinggi : >350 mg (10 % dari anjuran kebutuhan per-hari)

Potasium Rendah : < 100 mg (-5% dari anjuran kebutuhan per-hari)

  1. Sodium Tinggi : >400 mg

Sodium Rendah : <140 mg

 

Perhitungan kebutuhan kalori per-hari ini bersifat general. Untuk lebih tepatnya dapat digunakan pengukuran menurut tinggi badan dan usia. Secara general, bagi wanita yang bekerja di lapangan dengan banyak aktivitas fisik akan membutuhkan kalori lebih banyak daripada mereka yang bekerja tanpa banyak melakukan aktifitas fisik.

Penting bagi wanita untuk mencegah diri mereka agar dapat terhindar dari diabetes, karena wanita penderita diabetes sangat rentan terhadap glukoma dan masalah mata hingga kebutaan, osteoporosis, penyakit jantung dan berbagai komplikasi kronis dari diabetes yang dapat merusak fungsi ginjal dan kerja syaraf tubuh.

Bagikan:

Artikel Terbaru

Cara Melunasi Hutang yang Menumpuk

Cara Melunasi hutang yang menumpuk – Mengambil keputusan berhutang biasanya dilakukan karena untuk memenuhi kebutuhan hidup. Baik untuk keperluan konsumsi, pendidikan, kondisi...