Syaiful M Maghsri :: Motivator Spiritual | Konsultan Cara Kaya | Cara Sukses| Mengatasi Masalah

Home cerita cerita motivasi Makna Kegagalan Yang Tersembunyi di Mata Orang Sukses

Makna Kegagalan

Gagal bagi sebagian orang merupakan suatu musibah, ujian, teguran atau kemalangan. Namun bagi mereka yang berpikiran maju, berhati luas dan berjiwa besar makna kegagalan sangat berbeda. Kegagalan menandakan seseorang telah melakukan suatu usaha. Disisi lain kegagalan bisa diartikan sebuah pencapaian yang negatif, meleset, dan tidak sesuai. Makna Kegagalan pada setiap orang berbeda-beda tergantung bagaimana mereka mensikapinya, Namun dalam kaca mata orang sukses justru kegagalan memberikan banyak hikmah dan pelajaran.

Memang secara rasional kegagalan menandakan sebuah target yang meleset, musibah, kesalahan namun dibalik itu ada banyak hikmah. Tentu saja hikmah dan makna akan diperoleh ketika orang yang memandangnya punya hati yang bersih, pikiran yang jernih dan memahami makna hidup. Tanpa itu semua kegagalan seratus persen berkonotasi negatif bahkan dampaknya juga negatif. Kenyataannya kegagalan membuat orang kecewa, putus asa, kehilangan segala sesuatu, juga menyakitkan. Namun bagi orang yang selalu optimis, berpikir positif dan berpikiran luas banyak makna kegagalan yang membawa kebaikan.

Kegagalan sesungguhnya bukti telah adanya suatu aktifitas namun target belum tercapai. Juga menunjukkan telah ada usaha yang dilakukan namun tidak sesuai dengan kendala yang dihadapi. Artinya orang yang telah mengalami kegagalan sebenarnya membutuhkan tambahan ilmu dan banyak belajar. Dan makna positif kegagalan salahsatunya adalah pengalaman yang didapat selama apa yang diusahakannya menjadi gagal. Dengan melihat makna kegagalan tersebut orang yang gagal tidak akan melakukan kesalahan yang sama untuk yang keduakalinya.

Berbagai Makna Kegagalan dari Beragam Sudut Pandang

Makna Kegagalan

1. Menciptakan pilihan-pilihan baru

Adalah wajar ketika seseorang mengalami kegagalan kemudian merasa kecewa dan sedih, namun sebaiknya janganlah terlalu lama larut dalam kesedihan. Munculkan kesadaran bahwa Anda harus bangkit, hidup terus berjalan. Sekalipun mungkin  anda tidak dapat menyerap semua makna dari kegagalan  yang anda alami.  Namun hal tersebut akan  menjadi harta tak ternilai untuk anda.Gagal yang Anda alami bisa saja jadi momen yang tepat bagi anda untuk introspeksi. Termasuk merenung, dan menelaah kembali  tujuan awal anda, target Anda juga mengukur kemampuan Anda.  Itu juga bisa menjadi amuninisi bagi pikiran Anda untuk memiliki alasan kenapa anda tidak boleh menyerah.

Makna kegagalan dalam hal ini bahwa anda akan dibawa ke sebuah jalan yang belum pernah anda temukan sebelumnya. Beberapa pintu baru akan terbuka, komonitas Anda bisa saja semakin bertambah,  hubungan anda dengan beberapa orang mungkin akan bertambah kuat, hubungan baru akan terjalin. Namun  sebaliknya ada kemungkinan hubungan anda dengan beberapa orang sebelumnya menjadi renggang karena kegagalan yang Anda alami.

2. Belajar melatih kesabaran

Ketika seseorang kemudian menjadi temperamen dan mudah emosi karena mengalami kegagalan adalah hal yang wajar. Tentu kebanyakan orang merasakan kekesalan atau kemarahan ketika menghadapi kegagalan. Namun poin pentingnya adalah jangan memendam kekesalan atau kemarahan anda. Namun bersabarlah, karena dengan kesabatran Anda setidaknya bisa mengambil nafas dengan leluasa dan akan mendapatkan perasaan lega serta pikiran yang lebih rileks.

Yang  kedua, usahakan agar tidak mencari alasan atas kegagalan Anda. Misalnya Anda beralasan tidak mendapat dukungan dari pasangan, tidak memiliki modal yang cukup, tidak memiliki kendaraan yang mendukung mobilitas  Anda dan sebagainya.  Terlebih Anda beralasan yang berkaitan dengan latar belakang keluarga Anda dan seolah menyalahkan orang-orang di dalam keluarga Anda dengan dalih Anda dikelilingi orang yang bermental kecil sehingga Anda pun sulit maju. Jika samapai hal ini terjadi justru hanya akan memperburuk keadaan dan mematikan kreativitas dan pikiran Anda.

Sekali saja anda menjadikan hal-hal tersebut sebagai alasan kegagalan anda, maka itu akan menjadi bagian dalam diri anda karena tanpa Anda sadari Anda telah melakukan afirmasi kata-kata negatif ke alambawah sadar Anda. Bahayanaya lagi  Anda akan membawa alasan itu kemanapun anda pergi sehingga lama kelamaan akan meracuni diri anda sendiri.

Cara bijak yang bisa dilakukan dalam melatih kesabaran adalah dengan melampiaskan emosi dalam batas wajar. Bila menangis membuat Anda lega maka lakukanlah namun tidak harus dengan tangisan histeris apalagi sampai mengusik orang-orang disekitar Anda. Sesekali lakukan rileksasi dengan bodymasage mungkin, atau mendengarkan musik kesukaan, nongkrong di tempat yang Anda faforitkan atau melakukan hal menyenangkan yang selama ini Anda tinggalkan Atau Anda lupakan. Dan kemudian bagkitlah karena hidup Anda harus berlanjut, dan masa depan menanti Anda.

3. Kegagalan adalah sumber dari kreatifitas

Makna Kegagalan

Tidak ada seorangpun yang mengharapkan kegagalan terjadi dalam hidupnya. Dan kalau kita mau berpikir jernih dan mendalam, sebuah kehgagalan adalah hasil tidak maksimal dari usaha yang kita lakukan. Atau buah dari kesalahan karena keterbatasan dari apa yang bisa kita lakukan, sempat kita lakukan atau salah dalam mengambil keputusan. Namun sesungguhnya kegagalan yang Anda dapatkan tanpa kesengajaan akan merangsang pikiran lebih berkembang. Dan kekagalan Akan mendorong Anda lebih kreatif dan akan memacu pikiran Anda untuk memperbaiki kesalahan dan melakukan hal yang lebih baik dari yang sebelumnya.

Apalagi apabila kita bisa merasakan dampak kegagalan yang menyakitkan, atau membuat kita susah,maka pikiran positif kita akan mengarahkan kita agar tidak melakukan hal yang membuat kegagalan lagi. Sehingga kita dipacu berpikir untuk merencanakan kebaikan, dan energinya mampu memicu pikiran lebih kreatif dan melakukan inovasi-inovasi baru.

4. Kegagalan akan mengoptimalkan potensi anda

Mungkin anda mempunyai seorang ’guru’ dalam hidup anda atau mentor bagi yang berkarir atau berbisnis. Seorang mentor atau guru yang baik akan memberikan arahan dan bimbingan yang tepat. Bila perlu seorang mentor atau guru akan mengarahkan Anda menerima tantangan dan resiko yang sesungguhnya dalam tantangan itu akan membuat Anda mengeluarkan potensi terpendam yang selama ini hanya tersimpan dalam kondisi nyaman.

Setiap mentor atau guru yang baik pasti mampu mengubah pikiran dan hati Anda sehingga mampu mengoptimalkan potensi yang ada dalam diri dengan baik. Apalagi seorang guru spiritual akan lebih mudah memahami potensi yang Anda miliki dan mampu memberikan arahan yang mungkin tidak diberikan mentor –mentor lain dalam dunia yang Anda geluti. Para guru atau mentor akanembantu Anda keluar dari pemikiran konservatif yang hanya akan menghalangi keluarnya potensi yang Anda miliki. Namun bimbingan orang bijak tersebut membuat Anda mampu mendobrak batasan yang mengurung potensi sebenarnya yang Anda miliki dan membuatnya bisa nberkembang menghasilkan berbagai hal luarbiasa dalam hidup Anda.

Hal ini juga didasari bahwa setiap orang memiliki potensi diri yang sangat besar dengan keunikannya masing-masing agar bisa eksis dalam kehidupannya. Anda bisa mengetahui betapa luar biasanya potensi yang ada dalam diri Anda hanya dengan keberanian dan kecerdasan Anda menghadapi masalah. Apalagi Anda bisa mengkondisikan hati dan pikiran Anda dalam situasi tersebut, maka hal itu mampu menambah kekuatan energi bagi Anda untuk melakukan hal besar yang mungkin belum pernah Anda lakukansebelumnya.

5. Anda memperoleh tambahan energi

Bersyukurlah jika anda mengalami kegagalan atau kemalangan. Tentu saja hal ini tidakmudah dilakukan. Namun perlu Anda ketahui sesungguhnya dengan kegagalan anda sedang disiapkan untuk meraih kesuksesan yang lebih besar. Kegagalan akan membuat Anda seolah ditempa untuk menjadi lebih kuat dari sebelumnya.

Untuk lebih memahami bahwa kegagalan memberikan tambahan energi bisa dengan belajar dari ilustrasi tentang pertumbuhan pohon bambu cina berikut ini:

Tahukan Anda pohon bambu cina? Apa yang bisa kita pelajari dari pertumbuhan pohon bambu cina itu? Jika anda termasuk orang yang tidak sabar menunggu pertumbuhan sebuah tanaman, atau karena Anda tidak paham, mungkin pohon bambu tersebut sudah menjadi korban anda. Mengapa? Pohon bambu cina tidak akan menunjukkan pertumbuhan berarti selama 6-7 tahun pertama, mungkin hanya tumbuh beberapa puluh cm saja. Namun setelah waktu tersebut,  pertumbuhan pohon bambu cina tidak dapat dibendung, ia tumbuh begitu cepatnya dan ukurannya bukan lagi cm melainkan meter.

Nah apa sebetulnya yang terjadi pada pohon bambu cina tersebut? Tidak banyak yang tahu bahwa ternyata…. selama 6-7 tahun pertama, ia bukannya tidak mengalami pertumbuhan, hanya saja kita memang tidak melihat pertumbuhannya dengan kasat mata. Fokus pertumbuhan pohon bambu cina pada waktu tersebut adalah pada akar, bukan pada batang. Pohon bambu cina sedang menyiapkan pondasi yang kuat agar  dirinya bisa menopang ketinggiannya yang berpuluh-puluh meter.

Bayangkan apa yang akan terjadi jika pohon bambu cina itu tidak mempunyai akar yang kuat untuk menopang ketinggiannya. Pastinya sedikit tiupan angin saja akan membuatnya tumbang. Dan ahirnya tidak bisa tumbuh maksimal, atau dipanen sebelum waktunya.

*******

Makna yang bisa kita petik dari cerita pertumbuhan pohon bambu cina itu adalah: Jika anda seringkali mengalami kegagalan dan merasa jauh dari kesuksesan yang anda impikan, bukan berarti anda tidak mengalami perkembangan. Apabila Anda tidak berhenti berusaha dan belum juga meraih kesuksesan itu, artinya anda sedang mengalami pertumbuhan yang luar biasa di dalam diri anda. Mental anda sedang ditempa dan dipersiapkan menuju kesuksesan anda. Sama halnya dengan pohon bambu cina tersebut.

*******

Itulah makna kegagalan yang tersembunyi dimata orang sukses, karena ia mampu menangkap pesan mendalam dari kegagalan yang dialaminya. Hanya saja pesan dari sebuah kegagalan hanya bisa ditangkap orang yang hatinya dipenuhi dengan kebijaksanaan karena pikiran positif. Untuk itu setiap kita seharusnya mampu menjaga hati dan pikiran agar senantiasa bisa mengambil hikmah dan memperolah kebaikan dari setiap kejadian dalam hidup. Termasuk ketika ditimpa masalah dalam kehidupan.

Yang penting dalam kondisi apapun kita memiliki kesadaran diri. Sehingga kita bisa memahami hakikat kehidupan dengan baik dan paham bahwa dalam kehidupan ini ada siklus energi yang terus menerus bekerja dan mengalir menyusupi seluruh stuktur anatomis benda di alam semesta. Dan diri kita adalah bagian dari energi yang juga berproses mengikuti hukum alam semesta, hukum kehidupan dan hukum Tuhan. Dengan memahami hukum-hukum itu siapaun perlu belajar pada ahlinya agar bisa memaknai kehidupan dengan baik.

Untuk itu setiap orang perlu seorang guru atau mentor atau konsultan yang mampu memberikan Anda bimbingan dan arahan agar bisa memahami hukum alam semesta, hukum kehidupan dan juga hukum Tuhan. Sehingga kita terus bisa memperbaiki diri, meningkatkan kualitas diri dan juga mencapai kehidupan berkualitas yang sesungguhnya.

Bagikan: