Syaiful M Maghsri :: Motivator Spiritual | Konsultan Cara Kaya | Cara Sukses| Mengatasi Masalah

Home artikel bioenergi Membuat pekerjaan terasa lebih menyenangkan

Apakah Anda termasuk orang yang selalu mengeluh soal pekerjaan? Susah ketika menerima tugas dari atasan? Tidak tahu mana yang harus di kerjakan terlebih dahulu ketika banyak pekerjaan yang di bebankan kepada Anda, atau malah Anda sering jengkel ketika satu pekerjaan belum selesai  sudah di suruh mengerjakan pekerjaan yang lain dan kadang pekerjaan yang belum selesai sudah dinilai atasan sebagai pekerjaan yang gagal atau salah meski atasan belum mendengarkan penjelasan lengkap kita.Atau Pekerjaan yang Anda lakukan yang Anda rasa sudah sempurna tidak pernah mendapatkan penghargaan dari atasan, atau Anda justru tipe orang yang tidak pernah puas dengan pencaian Anda sekarang sehingga Anda tidak memiliki ruang dan waktu untuk mengaplikasikan seluruh kemampuan Anda sehingga Anda jenuh karena tidak ada tantangan dalam pekerjaan Anda? Ketidakpuasan terhadap pekerjaan merupakan salah satu sumber stres terbesar. Sumber ketidakpuasan itu bisa berupa:

  • Konflik dengan rekan kerja.
  • Konflik dengan atasan.
  • Gaji yang tak sesuai.
  • Tidak memiliki peralatan yang diperlukan untuk mencapai target.
  • Kurang kesempatan mendapat promosi.
  • Ketakutan kehilangan pekerjaan karena penciutan dan penghematan perusahaan.
  • Mungkin juga pekerjaan Anda membosankan, tidak sesuai dengan minat, pendidikan, dan keterampilan yang dimiliki.

Ada sejumlah cara yang dapat Anda lakukan untuk meningkatkan kepuasan Anda terhadap pekerjaan:

Menciptakan tantangan baru

Jika Anda terjebak dalam sebuah pekerjaan karena kurang pendidikan atau penciutan perusahaan, tak selalu berarti pekerjaan itu membosankan. Dengan sedikit imajinasi, ciptakan tantangan baru dan lakukan yang terbaik untuk pekerjaan Anda.jika di lingkungan tempat kerja Anda tidak mendukung untuk Anda menciptakan sebuah tantangan baru, berkreativitaslah sesuai dengan hobi Anda dan hasilkanlah karya terbaik dalam hidup Anda dimana Anda dapat mencicil mengerjakannya tidak pada saat Anda bekerja tetapi ketika Anda memiliki waktu luang dan pada saat Anda memiliki mood yang baik untuk melakukannya. Dengan Anda mengerjakan segala sesuatu dari hati maka Anda akan terinspirasi untuk terus menggali kemampuan dan keinginan baru yang inovatif sehingga akan menciptakan suatu yang berbeda di dalam pikiran dan benak Anda yang memungkinkan Anda akan lepas dari kejenuhan bahkan bisa lebih berkembang dalam karya dan kreativitas baru yang menantang tanpa mengesampingkan pekerjaan utama Anda.

 

Perbaiki keterampilan

 

Bayangkan Anda sudah memiliki pekerjaan impian, dan melihat diri Anda sebagai manajer proyek jempolan, orang yang percaya diri, dan sangat terorganisasi. Mengapa tidak menerapkan bayangan itu pada pekerjaan Anda sekarang? Pada saat waktu tenaga dan pikiran Anda terkuras untuk melakukan aktivita rutin sehari-hari sebbagai bagian dari tanggung jawab Anda pada pekerjaan, Anda akan terus melakukan itu untuk mendapatkan apa yang menjadi hak Anda saja. Dengan Anda memiliki impian besar yang akan Anda capai baik itu berupa target hidup maupun target materi akan memberikan nyawa baru dalam kehidupan Anda. Ketika Anda merasa tidak puas dengan keadaan Anda sekarang dan mulai bergerak untuk maju dan melakukan perubahan yang berarti dalam hidup Anda, Anda tidak dapat melakukannya dengan sempurna kalau skill Anda tetap sama, sementara di zaman ini semua serba instan dan apapun yang terkait dengan kehidupan kita tidak lepas dari perkembangan teknologi bahkan semua peralatan dan perlengkapan hidup kita serba digital yang praktis dan mudah. Oleh karena itu apabila kita ingin eksis di pekerjaan dan karir kita serta ingin menggapai impian besar kita dan target kita dalam hidup sudah menjadi konsekuensi logis kalau kita harus memperbaiki ketrampilan di sesuaikan dengan zaman ini, dan skill kita juga harus di sesuaikan dengan zaman digital serba canggih ini bahkan cara berpikir kita juga harus lebih global dan sesuai agar kita bisa menjadi pribadi supel dan up to date sepanjang aktivitas kita.

Baca Juga:  MENGAKSES BIOENERGI DENGAN “KEYAKINAN”

 

Buat proyek sendiri

 

Buat proyek yang bisa memotivasi dan memberi Anda perasaan mengontrol. Mulailah dari mengatur perayaan ulang tahun di kantor, lalu setelah itu Anda membuat proyek yang lebih besar. Anda juga bisa melakukan sesuatu yang bisa meningkatkan rasa percaya diri.ketika sebelumnya Anda selalu melakukan pekerjaan di belakang meja, cobalah anda dating lebih awal dan sesekali membantu customer service menganggkat telepon menerima tamu dan lainnya dengan begitu Anda akan terbiasa berhadapan dengan banyak orang, tentu saja terlebih dahulu Anda perlu memperhatikan peran yang dilakukan customer Service atau mungkin orang lain yang akan Anda bantu, dengan Anda terbiasa bertemu banyak,orang , menerima telepon Anda akan lebih percaya diri dan semakin memiliki kompetensi di lingkungan kerja Anda terlebih jika perusahaan tempat Anda bekerja ada divisi marketing atau penjualan langsung, bantulah para marketing melayani pelanggan, perhatikan mereka, belajarlah melayani orang lain, mengerti dan memahami apalagi Anda bisa memberikan solusi untuk orang lain itu adalah prestasi baru bagi Anda. Keberanian-dan jiwa melayani, di barengi dengan motivasi tinggi untuk terus berkembang dan berkarya akan menuntun Anda kepada semangat untuk berjuang. Kondisi ini dapat Anda manfaatkan untuk melakukan penjualan, dan membuat program-program baru yang menguntungkan sehingga Anda akan terpacu untuk terus berkreasi dan berkarya mewujudkn yang terbaik yang dapat Anda persembahkan untuk diri Anda sendiri dan juga orang-orang yang Anda cintai, Anda hormati dan Anda perjuangkan.

 

Membantu anak baru

 

Setelah menguasai sebuah pekerjaan, Anda akan mendapati pekerjaan sebagai rutinitas. Bantulah rekan kerja baru untuk meningkatkan keterampilan mereka. Ini bisa memperbarui tantangan dan kepuasan yang Anda inginkan. Membantu teman baru berarti mengaplikasikan ilmu yang Anda bisa tetapi tidak menghabiskan Ilmu yang Anda miliki, menyampaikan ilmu kepada orang lain justru semakin menambah ilmu kita menjadi lebih melekat dan otomatis kita semakin memahami bidang yang kita ajarkan.

Baca Juga:  Bioenergi Diciptakan Untuk Kebaikan Hidup

Kalahkan kebosanan

 

  • Ubah hal monoton

Ambil cuti lalu melakukan kegiatan seperti membaca, mendengarkan musik, jalan-jalan, atau menulis surat untuk sahabat.

  • Minta penugasan baru

Apakah pekerjaan Anda termasuk melakukan hal berulang seperti memasukkan data ke database atau bekerja di ban berjalan? Bicaralah dengan atasan, minta pelatihan tugas berbeda untuk mengatasi kebosanan. Setelah selesai, Anda bisa kembali ke tugas semula.

  • Lakukan tugas sukarelawan

Bila Anda mendengar perusahaan meluncurkan proyek baru, jadilah seorang sukarelawan untuk masuk dalam tim proyek itu.Tentu saja bukan dengan egoisme atau perasaan bahwa Anda senior, tapi berperanlah karena Anda ingin mengambil bagian dari proyek baru tersebut agar bis membantu perusahaan mempercepat pencapaian yang yang diharapkannya.

  • Minta tantangan baru

Jika bos Anda cukup enak diajak bicara, katakanlah bahwa Anda merasa sedikit bosan dengan pekerjaan sekarang dan ingin sebuah tantangan baru. Dengan sikap baik yang Anda tunjukkan serta dengan keahlian lain yang Anda miliki mintalah Anda kepada atasan agar diberi kesempatan melakukan hal yang beda, misalkan ketika Anda memiliki skill dibidang internet dan Anda mampu melakukan penjualan, maka Anda bisa berperan dengan cara Anda untuk membentu team internet marketing dengan melakukan pengembangan-pengembangan bidang internet marketing, membantu membuka pasar baru, menemukan strategi baru dan juga melakukan berbagai hal yang bersifat teknis lainnya yang Anda mampu yang sekiranya dapat membantu menguraikan kesulitan team dan berperan aktif di bidang baru tersebut. Dengan demikian pikiran dan pemahaman Anda menjadi semakin luas, Anda dapat membantu team kerja perusahaan dan banyak orang mendapat manfaat dan kemudahan.

Berpikir positif
Mengubah sikap soal pekerjaan memang tak bisa sekejap. Cobalah teknik ini untuk menyadari cara pikir Anda:

  • Berhenti berpikir negatif
Baca Juga:  Manusia Ibarat Butiran Debu du Alam Semesta

Perhatikan pesan-pesan dari otak untuk diri sendiri. Ketika mendapati diri sendiri berpikir bahwa pekerjaan sekarang membosankan, segera hentikan pikiran itu.

  • Kembalikan pada perspektif yang benar

Ingat bahwa semua orang pernah mengalami hari baik dan hari buruk di tempat kerja.

  • Cari hikmahnya

Mungkin Anda pernah menerima penilaian yang buruk dari atasan dan dia minta Anda memperbaiki kinerja. Jangan diambil hati dan langsung mencari pekerjaan baru. Cobalah cari hikmahnya. Mungkin itu berarti kesempatan mengikuti pelatihan baru, mendapat ilmu baru, dan Anda bisa menunjukkan kepada atasan bahwa Anda mampu berubah dan memperbaiki kinerja. Jadikan semua hal yang tidak enek menjadi campuk untuk memulai pekerjaan baru yang sempurna.

  • Belajar dari kesalahan

Kegagalan adalah alat pembelajaran yang paling hebat, sayangnya banyak orang membiarkan kegagalan mengalahkan mereka. Ketika gagal di pekerjaan, belajarlah dan coba lagi.Jangan putus asa dan pupuklah motivasi dan semangat untuk menunjukkan bahwa Anda bukan orang yang mudah menyerah ketika Anda gagal di satu bidang mungkin karena bukan kans Anda di sana cobalah untuk belajar dan tunjukkan Anda memiliki keahlian yang lain yang luar biasa yang lebih dari banyak orang. Dan jangan lupa terus belajar dari kesalahan dan kegagalan untuk mencari tahu apa yang di senangi atasan dan banyak orang . teruslah semangat dan jadi diri anda sendiri yang memiliki keunikan dan sportifitas tinggi dalam berkarya.

  • Bersyukur

Rasa syukur dapat membantu Anda fokus pada hal-hal baik yang ada di perusahaan Anda sekarang. Contohnya, hanya ada satu hal positif pun, oke saja. Paling tidak Anda punya satu hal untuk bersyukur. Ketika Anda telah melampaui date line dan Anda dinyatakan selesai mengerjakan pekerjaan itu bersyukurlah mesti setelah itu Anda dihadapkan untuk merevisi pekerjaan itu lagi, dengan rasa syukur yang dalam dan kepuasan karena Anda telah menyelesaikan pekerjaan tepat waktu pikiran Anda akan merasa lebih siap menerima pekerjaan baru dengan begitu Anda akan terus semangat melakukan aktivitas Anda secara terus-menerus tanpa mengeluh dan selalu siap menghadapi pekerjaan dan tantangan baru.

Bagikan:

Artikel Terbaru

Cara Melunasi Hutang yang Menumpuk

Cara Melunasi hutang yang menumpuk – Mengambil keputusan berhutang biasanya dilakukan karena untuk memenuhi kebutuhan hidup. Baik untuk keperluan konsumsi, pendidikan, kondisi...